Semen Dari Sampah

Pabrik semen portland membutuhkan batugamping (77%) untukbahan bakunya (sumber : http://itemproductions.wordpress.com/2008/01/12/kualitas-batulempung-sebagai-bahan-baku-semen/). JIka PT Semen Gresik Tbk (SMGR) pada tahun 2008 menargetkan peningkatan kapasitas produksi menjadi 17,8 juta ton per tahun ( Sumber: Okezone). Maka membutuhkan batugamping sebanyak 13.706 juta ton. Dari manakah asal batugamping tersebut?? Tak lain adalah perbukitan batugamping atau biasa disebut dengan kawasan karst.

Penambangan batugamping kawasan karst akan mengakibatkan kerusakan lingkungan. Dapat mengakibatkan matinya mataair karst dan aliran sungai bawah tanah. Padahal sungai bawah tanah merupakan potensi sumber daya air yang sangat besar. Misalnya yang sudah dilakukan di Gua Bribin dan Gua Plawan. Air tanah karst telah menyuplai 25% kebutuhan air di seluruh dunia. Maka di beberapa negara, kawasan karst sangat dilindungi dan negara tersebut melarang pendirian pabrik semen baru. Maka mereka mengalihkan investasinya ke negara yang belum terlalu menganggap penting kawasan karst ini. Salah satunya Indonesia.

Semen dari Sampah??

Apakah tidak ada teknologi alternatif untuk membuat semen?? Di Jepang sudah dilakukan pembangunan pabrik semen dengan bahan baku dari SAMPAH!! Salah satu pabrik, di Chiba, dapat memproduksi 110.000 ton semen per tahun. (Sumber: beritaiptek.com). Teknologi ini disebut ekosemen. Ekosemen tipe biasa mempunyai kualitas sama baiknya dengan semen Portland biasa. Tipe ekosemen ini digunakan sebagai ready mixed concrete sedangkan ekosemen tipe fast hardening memiliki kekuatan konkrit serta pengerasan yang lebih cepat dibanding semen Portland tipe high-early strength. (Sumber: http://www.majarikanayakan.com/2008/02/produksi-semen-dari-sampah/).

Nah, di kota-kota besar kita sudah melihat masalah sampah merupakan masalah yang besar. Sudah selayaknya pemerintah menantang para investor pabrik semen untuk mengubah sampah menjadi semen.

~ by Bukit Karst on 4 June 2008.

2 Responses to “Semen Dari Sampah”

  1. setuju bos..

    kawasan karst jawa barat dah parah kondisinya..

  2. ternyata ada tho semen dari sampah…baru tau…sungguh brilian!!!
    Klo di pati dibangun pabrik semen dari sampah seh aku setuju banget!!!Asal tuh pabrik tidak merusak lingkungan.
    Itung-itung bisa ngurangin sampah.
    Klo bisa sampah-sampah yang ada dipemerintahan yang rela menjual alam dengan berkedokkan mensejahterakan rakyat dan mengurangi pengangguran bisa juga tuh sebagai alternatif untuk dicampur jadi bahan dasar semen..he..he…(karena sampah2 pemerintahan tersebut sangatlah berbahaya dan bisa menimbulkan kerusakan alam yang sangat dasyat!!!)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: