Kliping, Pabrik Semen di Rembang, Jawa Tengah

  1. Debit Air di Sumber Semen (Rembang) Mengecil, Suara Merdeka, Lintas Muria, 19 Maret 2008
  2. Enam perusahaan penambang bahan baku semen dan satu badan usaha milik negara pembuat semen bakal berinvestasi di Rembang pada tahun 2010-2012. Investasi ketujuh perusahaan tersebut diperkirakan senilai Rp 23 triliun. Investasi tersebut membutuhkan lahan kapur seluas 5.000 hektar.  Beritanya di http://cetak.kompas.com/read/2010/08/13/12420642/Investasi.Rp.23.Triliun
  3. Pendirian Pabrik Semen di Rembang Diminta Transparan. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah meminta agar proses pendirian pabrik PT Semen Gresik yang direncanakan di Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang dilakukan dengan melibatkan masyarakat. Selain itu, para wakil rakyat juga mendesak agar proses penyusunan analisis mengenai dampak lingkungan pendirian pabrik semen tersebut dilakukan transparan. Tempo Interaktif 7 Oktober 2010.
  4. Enam Perusahaan Berminat Dirikan Pabrik Semen (Aktivis menentang).  Bupati Rembang Mochammad Salim menyatakan ada 4-6 perusahaan semen yang berminat dan berencana mendirikan pabrik semen di Rembang. Saat ini lima perusahaan di antaranya masih melakukan kajian dan studi kelayakan lingkungan. ?Baru diteliti kandungan kapurnya, persiapan kelayakan, persiapan penyusunan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) dan persiapan lainnya,? ujar Salim setelah menemui Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah Bambang Priyoko di kantor DPRD Jawa Tengah kemarin.
    Koordinator Yayasan Society for Health, Education, Environment, and Peace Indonesia (SHEEP) Jawa Tengah Husaini meminta Pemerintah Kabupaten Rembang tidak membuka peluang seluas-luasnya kepada perusahaan yang akan melakukan kegiatan penambangan di Kawasan Sale maupun Gunem. Sebab, kata dia, daya tampung dan daya dukung lingkungan di dua kawasan tersebut sangat terbatas. “Kalau ditambang secara membabi buta tanpa menghitung daya tampung dan daya dukung, kawasan itu akan rusak,” kata Husaini. Koran Tempo 30 Desember 2010.
  5. PT Semen Gresik Dirikan Pabrik di Rembang. PT Semen Gresik berencana mendirikan pabrik semen di Rembang, Jawa Tengah. Saat ini rencana itu sudah memasuki tahap eksplorasi. Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Tengah Teguh Dwi Paryono mengatakan pembangunan pabrik yang akan menelan investasi senilai Rp 5 triliun itu juga dalam tahap penentuan lelang untuk tim yang akan melakukan eksplorasi. Koran Tempo Jateng, 09 Februari 2011.
  6. Pabrik Semen di Rembang Dikhawatirkan Rusak Lingkungan. Warga di Kecamatan Sale dan Gunem, Rembang, Jawa Tengah, khawatir pendirian pabrik PT Semen Gresik di wilayah mereka akan semakin merusak lingkungan. Sebab, selama ini praktek penambangan-penambangan yang dilakukan oleh beberapa pihak dinilai merusak lingkungan. Tempo Interaktif, RABU, 16 FEBRUARI 2011.
  7. PT Semen Gresik Segera Realisasikan Pabrik di Rembang. Dari tiga unit pabrik semen yang rencananya akan dibangun PT Semen Gresik (SG) di Kabupaten Rembang, ditargetkan satu unit bisa mulai dibangun pada tahun 2012 mendatang dengan lokasi di Kecamatan Gunem. Detail Engineering Design (DED) pendirian pabrik tersebut telah rampung dan diharapkan bisa segera terealisasi. Suara Merdeka Cyber News, 13 Juli 2011, 23:33 WIB.

~ by Bukit Karst on 5 April 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: